Kamis, 11 Agustus 2016

Stasiun Manggarai Akan Dibangun Jadi 2 Lantai

Rifanfinancindo
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menumpang Kereta Commuterline, Rabu 10 Agustus 2016.


PT Rifan Financindo Berjangka - Jakarta: Kementerian Perhubungan berupaya menghilangkan perlintasan sebidang di Jakarta yang jumlahnya mencapai 800. Selain itu, Kementerian juga akan membangun Stasiun Manggarai menjadi dua lantai.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dua rencana itu merupakan upaya pemerintah meningkatkan pelayanan kereta api. Menurut Budi, menghilangkan perlintasan sebidang dan membangun Stasiun Manggarai bukan pekerjaan mudah, karena saat bersamaan kereta api tetap beroperasi.

“Pengerjaannya tidak boleh mengganggu operasional Kereta Api Commuterline sama sekali. Diharapkan penutupan perlintasan sebidang dan pembangunan Stasiun Manggarai menjadi dua lantai selesai pada 2019,” kata Budi saat kunjungan kerja ke Stasiun Manggarai di Jakarta Selatan, Rabu 10 Agustus 2016.

Budi mengatakan, kereta api merupakan moda transportasi umum paling efisien dan ekonomis. Dia menyampaikan, jumlah penumpang Commuterline lebih dari 280 juta pertahun. Kedepan, Budi memperkirakan penumpang Commuterline meningkat menjadi 420 juta per tahun.

Budi menambahkan, saat ini porsi moda kereta api baru sekitar 10 persen dibanding moda transportasi umum lainnya. "Ke depan, kereta api akan ditingkatkan porsinya menjadi 25 persen,” ujar Budi.

Dalam perjalanan dari Stasiun Junada ke Stasiun Manggarai, Budi sempat berbincang dengan penumpang Commuterline. Kepada Budi, ibu tersebut merasa nyaman naik Commuterline.

Budi mengakui pelayanan PT Kereta Api Indonesia dan Kereta Commuterline Jakarta sudah lebih baik. Menurutnya, pelayanan kereta api meningkat tidak lepas dari kepemimpinan Ignasius Jonan periode 25 Februari 2009 - 27 Oktober 2014.

(cc, Rifanfinancindo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar